Akhirnya Nyampe Juga

Akhirnya kedua box ini sampai di Pandaan dengan selamat tadi pagi. Kamis malam petugas kurir barang menghantarkannya ke alamat tujuan di Surabaya. Karena mobil box yang biasa membawa susu penuh dengan kaleng container, maka baru hari ini kedua box itu terangkut ke Pandaan.

Ternyata waktu tempuh cargo barang sejak mulai diambil di Gelang Patah pada 16 Maret lalu jauh melebihi waktu yang dijanjikan. Sebelumnya oleh petugas yang mengambil barang ke rumah disebutkan bahwa barang sudah akan sampai di Surabaya dalam waktu 2 minggu atau paling lambat 3 minggu. Bahkan disebutkan sebelum pemilu 9 April sudah pasti akan diterima. Kenyataannya adalah barang baru diterima setelah 5 minggu!

Keterlambatan ini tentulah mengecewakan dan sempat membuat kami resah. Berkali-kali telepon, SMS dan email ke kantor perwakilan di Jakarta tidak mendapatkan respon yang baik. Petugasnya sama sekali tidak tahu dan tidak punya catatan dimana barang kami berada. Ia bahkan menyalahkan petugas di Kuala Lumpur yang belum mengirimkan barang. Barulah ketika menghubungi kembali petugas yang menjemput barang tersebut di Johor Bahru melalui telepon, kami mendapatkan sedikit keterangan dan penjelasan. Dan tak lama berselang kurir yang sedang membawa barang menghubungi kami dan mengatakan bahwa ia akan segera mengantarkan ke alamat tujuan.

Apapun, sekarang barang sudah diterima, meski banyak lecetnya dan bentuk kotak sudah tidak sekokoh saat diberangkatkan. Mudah-mudahan tidak ada yang rusak atau pecah di dalamnya.

3 thoughts on “Akhirnya Nyampe Juga

  1. To Bapak Arizaldi
    Terimakasih atas tulisan tentang Mandiri Sejahtera Cargo, suka duka pengalaman mengirim barang dari Malaysia ke Indonesia.

    Seharusnya petugas yang mengambil barang di Johor memberitahukan kepada pengirim barang, tanggal berapa akan ada pengiriman selanjutnya? atau kapan akan diberangkatkan? dsb…Sebab semua barang yang diambil oleh petugas kami akan di Pool dulu di Gudang Mandiri Sejahtera di Kajang Selangor untuk proses repacking, input data loading ke Kontener dsb… sehingga membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyiapkan kardus2 dan paket2 lain sambil tiba saat nya kedatangan Kontainer 40 feet.

    Menurut catatan kami, bahwa barang Bpk Arizaldi Ardal – Nusa Perdana – Johor dengan Nomor Resi Pengiriman MSL 1878 diberangkatkan pada Trip Akhir Maret 2009 ( kemungkinan barang mengendap dulu di kantor kami di Johor beberapa hari ).

    Jadi ketika barang anda di ambil tanggal 16 Maret 2009 sampai pada keberangkatan Kontener dari Gudang kami menuju Pelabuhan Klang – 28 Maret 2009 , ada jedah waktu sekitar 2 minggu .

    Sebenarnya pure proses perjalanan dari keberangkatan sampai pada bongkar barang di Pelabuhan Tg Priok hanya sekitar 15 hari ( loading 2 hari + shipping 4 hari + dokumentasi sebelum berlayar 3 hari + dokumentasi clearance dan bea cukai 3 hari ) .

    Setelah itu barang transit di Gudang kami di Jakarta untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. Kami perkirakan biasanya distribusi ke seluruh Indonesia rata rata 10 hari.

    Namun untuk kasus Pak Arizaldi ini setelah kami cermati, ada faktor2 yang membuat bapak Arizaldi ini menyebutkan ” Kenyataannya adalah barang baru diterima setelah 5 minggu!”
    – Petugas tidak memberitahukan kepada Pengirim barang detail waktu pengiriman nya.
    – Pengirim barang pun tidak menanyakan hal tsb.
    – Kemungkinan keterlambatan distribusi di pulau jawa dapat pula disebabkan waktu itu musim hujan sehingga banyak daerah2 yang tergenang air yang menyulitkan kendaraan kami dalam perjalanan.

    Akhirnya kami segenap staff Mandiri Sejahtera Cargo ( MS Cargo ) menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Bapak Arizaldi karena telah menggunakan JaSA MS Cargo ini.
    Selanjutnya kami mohon beribu ribu maaf karena pelayanan kami dirasa kurang memuaskan. Kedepan Kami berjanji akan memperbaiki system dan kinerja kami Insya Allah.

    Wassalam,
    Syarif Hidayat
    +60175818922
    Customer Service
    cs@mscargo.com
    Mandiri Sejahtera Cargo

  2. Terima kasih untuk penjelasan dari pak Syarif,
    Saya sudah menerima barang saya dalam keadaan baik dan saya menghargai kerja keras awak MS Cargo untuk menghantarkan barang ke tempat tujuan. Saya jadi ingat slogan “barang Anda adalah amanah kami”.

    Tulisan ini adalah sharing saya atas pengalaman menggunakan jasa perusahaan MS Cargo. Saya hanya sedikit kecewa dengan lamanya waktu pengiriman. Patokan saya untuk 5 minggu adalah sejak barang diambil 16 Maret. Saya masih ingat dengan jelas bahwa saya bertanya kepada petugas yang mengambil barang (Mas Anto) kapan barang akan diberangkatkan. Dan saya masih ingat dengan jelas mas Anto menjawab: “Sengaja saya ambil malam ini (hari Senin) agar besok (hari Selasa) sudah bisa diberangkatkan ke KL. Biasanya hari Kamis kami ada kapal yang berangkat ke Jakarta, jadi pada hari Sabtu barang ini sudah dapat dibongkar di Jakarta dan didistribusikan ke alamat masing-masing dengan truk kami. Ini bisa cepat kok Pak, mudah-mudahan tidak sampai 2 minggu. Sebelum Pemilu barang sudah akan diterima di sana.”

    Jadi tidak benar kalau petugas tidak menjelaskan atau saya sebagai pengirim tidak menanyakan. Dengan penjelasan dari pak Syarif di atas saya dapat mengerti bahwa ternyata kemudian barang saya berkemungkinan tertahan di Johor atau Selangor. Itulah yang menyebabkan ia terlambat sampai di tangan saya kembali.

    Sekali lagi terima kasih untuk penjelasannya dan selamat berkarya!

  3. Pingback: Cerita Yang Masih Tertinggal « Arizaldi’s Journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s