Mengepel? ADA Bisa!

Ma, ADA ngepel aja ya…” kata ADA turun dari kursi. Ide bagus, pikirku, daripada sibuk aja menempel persis di belakangku dan bertanya, melihat, mengintip, bergelayut, memijat pundak, pindah-pindah kursi, pegang-pegang udang, bersandar di kulkas, turun ke lantai dan mendekat ke wastafel tempat aku mencuci daging, sotong, udang, dan ayam hasil belanja ke pasar tani Minggu pagi. Padahal sejak memulai kegiatan membantu Mama Ani di dapur, ADA juga sudah dialihkan perhatiannya dengan menyalakan TV (ada Dora Emon di RCTI), ngemil snack, dan makan es krim yang dibeli kemarin sorenya. Niatnya dia mungkin ingin membantu, tapi jadinya malah bikin repot. Yang bajunya dijadiin lap setelah pegang bawanglah, yang ngejatuhin sotonglah, yang inilah, itulah. Lama-lama risih juga mendengarnya mulutnya dan mulut Mama Ani ‘cececowet’ terus, jadi ketika ia menyampaikan ide di atas kami setuju saja.

Iya, boleh. Itu ambil pel-pelannya di samping kulkas. Embernya di kamar mandi ya” jawab Mama Ani. “Oke Ma!” jawab ADA sigap melompat turun dari kursinya. Diambilnya mop alat pel di samping kulkas dan bergegas ke kamar mandi. Aku fikir, “Wah hebat juga ADA, sudah bisa bantu Mamanya bersihin rumah!” Mungkin udah sering bantu-bantu sebelumnya.

Airnya jangan penuh-penuh ya, ADA!” sambil mengupas bawang Mama Ani memberikan instruksi. “Ya, Ma” jawab ADA dari kamar mandi. “Peras dulu mop-nya yang kuat, ntar malah becek semua!” lagi satu instruksi dari dapur. “OK, Ma!” dijawab lagi dengan pede-nya. “Matiin krannya. Embernya biar di situ saja, ADA yang keluar masuk cuci mop!” instruksi baru lagi. “Iya Ma.” terdengar jawabannya. “Udah dibasahin belum mop-nya?” pertanyaan untuk memastikan, yang dijawab, “Iya, ini sudah mulai” terdengar suara-suara mop dan tongkatnya terbentur-bentur.

Emangnya ADA sudah bisa ngepel, Ma?” kuputar kran mencuci tangan setelah potongan terakhir daging selesai dibersihkan. Saat menegakkan badan, ughhh… punggung terasa sakit karena membungkuk cukup lama membersihkan semua bahan makanan tadi. Otot yang tadinya tertarik melengkung kencang, kembali mengendur ke posisinya melancarkan aliran darah. Jari-jari tanganku tampak pucat dan berkerut kedinginan terendam air. Perlu istirahat sebentar sebelum meneruskan kegiatan yang lain. “Belum sih, tapi kemarin dia ada lihat Mama ngepel sekali” jawab Mama Ani.

Gubraks!!! Apa jadinya hasil mengepel anakku yang cantik riang gembira tralala lala penuh pesona tiada tara itu???

Lantai kamar utama becek, percikan air di dinding, seprai yang terjuntai ke lantai ikutan basah, tas tangan Mama Ani (kebetulan tergeletak di lantai, belum diletakkan di meja kecil samping tempat tidur) seperti kena hantam sesuatu (jelas mop pel!), rambut-rambut rontok nampak dimana-mana (karena lantai tidak disapu dahulu sebelum di-pel), keset kamar mandi ikutan lembab (entah mop basah yang diparkir atau kaki ADA yang basah turun naik di situ), celana jeans jatuh di lantai (sebelumnya digantung di belakang pintu, kemungkinan besar kesenggol tongkat pel), satu botol lotion juga ada di lantai (pasti kesenggol juga!)….

Dan saat aku melihat itu, “Udah Pa, Papa yang terusin! Capek nih, ADA mau baca aja!

Maksud hati hendak istirahat ngelurusin badan sejenak, malah dikasih kerjaan baru! Bukannya membuat rumah jadi bersih, malah nambah-nambahin kerjaan! Lebih kerennya lagi, kekacauan hebat yang ditimbulkan oleh ide cemerlang sesaatnya itu ditinggalkan dengan begitu santai. ADA masuk ke kamarnya, menyalakan AC, ambil buku latihan dan mulai asyik menulis sambil tiduran. Oh perfect!

Siapa lagi yang harus membereskan kekacauan yang telah terjadi kalau bukan Papanya? Tapi pinggangku??? Grrrr…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s