Puasa ADA

Dalam 3 hari ke depan ini, ADA libur sekolah. UPSR bagi murid-murid darjah (kelas) 6 tengah berlangsung, sehingga murid-murid darjah 1, 2, dan 3 diliburkan. Kesempatan bagi ADA untuk bisa leye-leye sebentar dari pelajaran-pelajaran sekolah. Minggu sebelumnya memang kami fokuskan dia untuk menghadapi ujian tengah bulannya. Hasilnya belum keluar, minta do’anya dari semua semoga ADA bisa mempertahankan prestasi bagusnya. Nanti kalau buku record sudah dibagikan, akan di-upload di sini.

Liburan ini sekaligus kesempatan ADA untuk bisa berkonsentrasi belajar berpuasa penuh dari Subuh sampai Magrib. Sudah 8 hari Ramadhan berjalan, ADA berhasil melaluinya dengan prestasi berikut: 3 hari puasa penuh, 3 hari puasa setengah hari dan 2 hari tak puasa (lantaran susah dibangunkan saat sahur). Untuk memacu semangatnya, kami menjanjikan hadiah uang untuk setiap hari puasa yang dilaluinya. Jika berhasil berpuasa penuh satu hari ADA akan mendapatkan RM5, jika berpuasa setengah hari RM1, dan uang yang sudah ada akan dipotong RM2 jika ia tidak berpuasa. Di akhir bulan nanti, uang yang terkumpul katanya akan ADA manfaatkan untuk bersedekah dan membeli pakaian Hari Raya. Good girl!

Aku amati, sebenarnya ADA itu sudah kuat untuk berpuasa penuh. Tidak nampak kehausan atau wajah loyo karena tidak makan seharian. Padahal jika diingat-ingat kemampuan makannya yang ‘hebat’ itu, ada kekhawatiran juga kalau dia akan gagal puasa penuh. Yang lucunya, satu jam menjelang Magrib dia sudah standby di sekitar meja makan. Jam dinding terus yang diperhatikannya. Setiap lima menit ADA akan berteriak “50 menit lagi!” “45 menit lagi!” …. “10 menit lagi, Pa!” Sampai saat itu, Mama Ani belum boleh menghidangkan makanan di meja makan, “Bikin ADA ngiler aja” katanya. “Kok lama sih? 5 menit lagi!” Makanan disajikan di meja, bau lezat menguar dan ADA tambah seru, “Udah Magrib belum, Pa?” tanyanya terus-terusan. Dan begitu adzan terdengar, ia akan menyerbu duduk di meja makan dan menikmati makanan berbukanya. Hahahahaha….

Selamat berpuasa untuk semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s