Rumah Kemuning

Setelah satu tahun meninggalkan Batam dan kami tidak lagi menghuni rumah di Bukit Kemuning, mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana dengan rumah tersebut, kondisi atau statusnya sekarang. Serta mungkin juga cukup heran dengan tingginya frekwensi kepulanganku (dan atau keluarga) ke Batam dikaitkan dengan perihal kebutuhan akomodasi.

Secara resminya rumah tersebut kami sewakan pada pasangan muda Parno & Lastri. Mereka membayar sewa rumah, membayar tagihan listrik air, membayar pungutan RT/RW/sampah/keamanan, dan membiayai perbaikan-perbaikan ringan yang diperlukan jika terjadi. Tentunya perawatan rumah berikut keamanan dan kebersihannya menjadi tanggung jawab mereka sepenuhnya. Yang menjadi perjanjian khusus dengan mereka adalah meski yang disewakan adalah satu rumah tetapi kamar tidur utama masih menjadi milik kami. Ini dimaksudkan agar kapan saja aku (dan atau kami) pulang ke Batam dan perlu menginap, maka selalu ada tempat bernaung yang bisa dituju. Tidak perlu menyewa hotel atau menumpang di tempat saudara/teman. Sebagai imbal baliknya, mereka diperbolehkan menggunakan peralatan rumah tangga yang kami tinggalkan seperti kulkas, mesin cuci, rak piring sendok garpu, lemari bahkan sampai ke antena TV. Mungkin terdengar tidak biasa tapi seperti itulah perjanjiannya.

Jika dihitung-hitung, sewa rumah (berikut perabotan) yang kami bebankan pada mereka jelaslah sangat sangat murah untuk ukuran Batam. Tapi bukan uang yang aku dan Mama Ani lihat di sana. Keterawatan dan keamanan rumahlah yang menjadi pertimbangan utama. Diikuti oleh faktor membantu orang yang membutuhkan. Dan jika melihat pada situasi dan kondisi sekarang, rasanya tidak ada yang perlu disesali. Sebaliknya malah justru rasa senang yang ada di hati, which is actually priceless.

Saat ke Batam akhir minggu lalu, aku sempat mengambil bebrapa photo rumah tampak depan. Silakan klik photo untuk melihat lebih jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s