Sudoku

Sudah lama aku mengenal Sudoku, permainan angka pada kotak 9×9 yang terkenal itu. Di Nokia-ku yang dulu ada fitur game ini. Demikian juga di MP4 player. Atau jika pagi-pagi mampir di S’pore dan mendapatkan mypaper, di situ juga kutemukan sudoku. Sesekali dimainkan, tapi tidak secara serius. Hanya sebagai pengisi waktu saja. Jadi kalau tidak terisi penuh atau salah, ya sudah begitu saja. Baru beberapa waktu belakangan ini aku berusaha agar saat bermain seluruh kotak terisi dengan angka yang benar. Kalau tidak bisa menyelesaikannya, rasanya penasaran.

Beberapa kali aku juga mencoba membuat Sudoku versiku sendiri dengan mengisi kotak kosong 9×9 itu dengan angka-angka yang kuacak sendiri. Sampai tadi pagi, tidak satupun yang bisa terisi penuh dengan baik dan benar. Selalu ada angka yang tidak dapat dimasukkan ke dalamnya atau ada angka yang ganda. Kesulitannya mungkin pada penentuan letak angka yang aku acak tanpa aturan tertentu, benar-benar acak sesukanya saja (ada aturannya juga ‘kali ya?). Akibatnya ya itu tadi, ada kotak yang tidak terisi dengan angka yang benar.

Nah gambar di atas adalah sudoku buatan sendiri pertamaku yang terisi secara penuh dan benar! Hihihi… ada kepuasan tersendiri bisa mengisi kotak kosong 9×9 itu dengan angka-angka yang tepat. Asyik juga, coba lagi ah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s