Olahraga Dong…!

Begini nih kalau lupa diri, lupa umur, dan lupa badan. Sakit semua rasanya beberapa bagian tubuhku. Sudah lama sekali tidak exercise berat seperti tadi, jadi begitu mencoba melakukan ya terasa banget akibatnya.

Sore tadi aku bermain bola basket di lapangan bawah dengan beberapa anak muda Philipino dan Chinesse. 3 on 3 game. Cukup lama juga, sekitar setengah jam. Tapi ngos-ngosan banget! 10 menit terakhir aku sudah tidak banyak bergerak lari sana-sini lagi. Kehabisan tenaga, kehabisan nafas, dan basah oleh keringat. Aku evaluasi singkat tadi, ternyata kemampuan bermain basket yang dulu (zamannya kuliah dan awal-awal bekerja di Batam, halah… sudah lebih dari 10 tahun yang lalu!) cukup kubanggakan, sekarang tidak ada apa-apanya. Shooting sering meleset. Layout udah ngga’ bisa. Jumping jauh berkurang. Passing ngga’ bagus. Koordinasi dan strategi ngga’ jalan. Lha… kemana semua? Padahal dulunya, jago banget lho!😉

Hasil lainnya? Selain ngos-ngosan tadi, ada beberapa bagian tubuh yang terasa sakit saat ini. Pundak kanan terasa berat bergerak, urat di punggung bawah kanan terasa ada yang tertarik, pinggang linu dan pergelangan kaki kiri terkilir! Halah, kok hancur semua kemampuan dan staminaku? Jelas sudah, ini akibat kurang berolahraga!

Sebenarnya aku menyadari hal ini cukup lama. Waktuku lebih banyak dihabiskan untuk pekerjaan dan keluarga. Tak ada lagi waktu pribadi untuk berolahraga misalnya. Berat badan terus menanjak dan sekarang berkisar di angka 83kg, tidak mau turun lagi. Teman-teman bilang aku gemuk (bahkan ada yang mulai bilang montok, hahaha… emangnya bayi apa!?). Sementara aku sendiri merasa memang tidak sebugar dahulu. Insya Allah tidak ada penyakit sih, tapi kan kesehatan tetap harus dijaga.

Jadi itulah kenapa aku belakangan ini mulai mengolah badan ini kembali. Hari Senin pagi lalu berenang, hari Kamis sore pergi ke gym bersama ADA (threadmill dan sepeda static) dan hari ini main basket. Rencanaku berolahraga rutin akan kulakukan agar badan tetap bugar dan sehat. Kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi? Bisa-bisa badan malah tambah hancur. Mana pola makan tidak berubah; tidak ada yang dikurangi, kalau enak ya dimakan, tidak pernah menghitung-hitung ini berapa kalori, atau berkolesterol tinggi atau rendah dan lain sebagainya. Pola tidur juga ngawur akibat jam kerja panjang di pabrik. Kadang cukup kadang kurang, tapi rata-rata di bawah 5 jam saja sehari. Nah, tuh kan…

Ayo berolahraga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s