ESQ Training Profesional 24 Batam

Aku masuk dan duduk di kegelapan. Suara tenang dan sendu dari pengeras suara di depan memenuhi seisi ruangan. Banyak kepala telah tertunduk dan sang pemiliknya sedang ‘terbang’ masuk ke dalam dirinya. Semua hanyut dalam kisah luar biasa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail. Kondisi alpha.

Perlahan mulai terdengar sesegukan dari berbagai sudut ruangan yang makin lama makin terdengar jelas. Musik yang mengalun lembut terasa menghujam dada. Tiba-tiba ruangan terasa meledak, suara mengguntur keluar dari pengeras-pengeras suara berkekuatan tinggi, dan jerit isak tangispun terdengar dimana-mana. Aku hanyut, tersungkur, menangis dan berdo’a di sebuah sudut di kegelapan.

Dimanakah kau letakkan cintamu selama ini? Kepada siapa kau berikan cintamu selama ini? Pernahkah kau mencintai Allah? Tahukah engkau betapa Allah sangat mencintaimu, bahkan ia lebih dekat dari urat lehermu? Mengapa kau jauh dari Allah?” Pertanyaan-pertanyaan itu bertubi-tubi menusuk ke qalbu. Setiap kali pertanyaan-pertanyaan itu diajukan maka semakin deras air mata mengalir dari orang-orang yang berada di dalam ruangan. Semakin banyak pertanyaan itu terdengar semakin tidak mampu lidah dan hati untuk menjawabnya.

Itulah sedikit gambaran suasana training ESQ Profesional angkatan 24 Batam di Hotel Panorama Regency, Jodoh – Batam tanggal 11~13/Januari lalu. Training yang dipandu oleh Pak Iman Herdimansyah, Mas Jusuf Rikza dan….. ini diikuti oleh kurang lebih 80 orang peserta. Training berlangsung lancar, penuh antusiasme peserta dan tentu saja seru tanpa kehilangan kesyahduan perenungan pencarian akan hakikat diri. Hal tersebut tergambar di wajah para peserta sepanjang 3 hari pelaksanaan training. Semoga Allah SWT membalas dan mengabulkan do’a-do’a yang dipanjatkan di tengah deraian airmata dan hati yang terbuka mengharap kasih sayang Illahi.

Seperti biasa di malam kedua training, diadakan pula acara renungan 165 bagi para alumni. Kali ini yang disampaikan adalah bagaimana cara Membangun Spiritual Leadership. Sekitar 50 orang alumni tampak hadir mengikuti renungan dengan tekun dan penuh semangat. Semoga rahmat dan hidayah Allah SWT senantiasa tercurahkan pada orang-orang yang selalu berusaha memperbaiki dan mendekatkan diri padaNya.

Training berikutnya akan diadakan pada 8~10/Februari di tempat yang sama. Sampai bertemu kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s