Tahun Ajaran Baru & ADA

Proses pengajuan pas tanggungan dan pas pelajar untuk ADA masih terus dilanjutkan. Yang jadi pikiranku (seperti disebut di sini) adalah waktu masuk sekolahnya yang menjadi terlambat dan ketergantungan melanjutkan prosesnya pada orang lain. Tapi memang begitu jalannya, jadi mau tak mau harus diikuti. Kemarin siang Linda (HR perusahaan) meminta dikirimkan paspor asli ADA dan biaya pas tanggungan RM360. Pagi-pagi sekali tadi sudah kuberikan padanya. Sore tadi Linda memberitahukan dari pejabat Imigresen bahwa ADA harus apply visa juga untuk stay 2 tahun dengan biaya RM515. Besok pagi akan kutransfer padanya. Setelah itu selesai, baru bisa mengajukan permohonan pas pelajar yang akan memakan waktu sekitar 2 minggu. Huff…!

Pagi tadi saat aku dan Mama Ani pergi ke Jusco di Taman University, kami melihat keramaian awal tahun baru di beberapa sekolah yang kami lewati. Para orang tua yang sedang mengantarkan anak mereka. Anak-anak yang berseragam baru. Mobil-mobil yang parkir sampai ke jalan raya. Riuh rendah suara anak-anak. Guru besar (kepala sekolah) yang sedang berpidato. Ya, 1 Januari adalah awal tahun ajaran baru di Malaysia dan jelas-jelas bukan hari libur tahun baru seperti di banyak negara lain di dunia!

Yang jelas, dalam hati aku sedih dan iri melihat keramaian itu. Seharusnya ADA sudah berada diantara teman-teman dan sekolah barunya di Sekolah Kebangsaan Nusa Perintis I. Sayang sekali urusan surat dan dokumen lintas negara ini menundanya menikmati itu. Sabar ya, Nak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s