Selamat Ulang Tahun, Sayang!

mama-ani04.jpgAku mendengar orang-orang berbicara tentangmu. Padahal kamu anak baru, baru saja datang dari Jawa. Tentulah kamu istimewa sampai mereka membicarakanmu. Sampai saat itu, itulah saja yang kutahu tentangmu.

Dari belasan anak, kamu termasuk yang kupilih untuk bekerja di tempatku. Karena kamu nampak percaya diri dan menarik. Teman-temanku menggoda, pilihan yang tepat kata mereka. Di situ aku mengetahui namamu.

Kamu cepat belajar. Kamu pintar. Kamu berbeda. Kamu manis. Aku mulai tahu tentangmu.

Hari berganti hari. Waktu berputar cepat. Aku mendengar orang-orang terus membicarakanmu. Dan hatiku ikut mendengarkannya. Aku tahu ada yang lain denganmu.

Dan hati itu juga yang terpaut sungguh denganmu. Dan setelahnya, semua berlangsung begitu cepat. Ketika kau mengangguki ajakanku. Ketika kita menangis di depan penghulu. Ketika buah cinta titipan Ilahi hadir mengiringi kehidupan kita. Ketika langkah itu sampai ke hari ini. Hati ini terus terpaut. Kita sudah jalani semua. Yang penuh senyum tawa. Yang diselimuti tangis dan derita. Sudah cukup lama. Atau mungkin masih terlalu sebentar?

Tiga puluh tahun usiamu hari ini, sungguhkah aku telah mengenalmu? Semoga hanya Allah SWTlah yang selalu mendekatkan hati kita.

PS: Aku tak punya kado yang lebih baik, terimalah ini sebagai gantinya.

Leave a Reply

