ESQ Training Profesional 23 Batam

Training ESQ Profesional angkatan ke-23 Batam berlangsung dengan baik dan lancar di Panorama Regency Hotel Batam dari tanggal 7~9 Desember 2007 minggu lalu. Training kali ini disampaikan oleh salah seorang trainer senior yaitu Bpk. Muhlis Samsudin (yang merupakan Region Head untuk wilayah Indonesia Timur; Bali, Nusa Tenggara, sampai Irian Jaya) didampingi oleh asisten Mirza dan Ahmad.

Sebanyak 94 orang peserta hadir dari hari pertama pelaksanaan training, 31 orang diantaranya adalah berasal dari Singapore. Para peserta nampak mengikuti training dengan antusias dan penuh konsentrasi sehingga mereka dapat ‘cair’ dan melebur dengan materi-materi yang disampaikan. Bahkan itu juga nampak terlihat pada para peserta muda dari Singapore, yang sebagian nampak memiliki kendala bahasa karena tidak terbiasa dengan bahasa Indonesia/Melayu.

Tempat pelaksanaan training yang bukan di Planet Holiday Hotel seperti sebelum-sebelumnya dan untuk pertama kalinya di Panorama Regency Hotel ini adalah untuk sementara waktu. Menurut Mas Bram dari Marketing ESQ LC Cabang Batam, pihaknya masih dalam perundingan dengan Planet Holiday Hotel setelah MoU sebelumnya berakhir. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diselesaikan dan ESQ LC Batam bisa kembali menggunakan fasilitas yang lebih baik di Planet Holiday Hotel. Dari apa yang kulihat dalam Sabtu Minggu di Panorama Regency, ruangannya tidak cukup besar untuk menampung jumlah para peserta dan alumni, tata letak dan pengaturan lampu yang tidak sesuai dengan penyajian materi training, sampai ke pengaturan letak meja konsumsi, marchandise ESQ, registrasi area, dll

Akibat yang nampak timbul (bagiku) adalah terhalangnya kelancaran penyajian materi training bagi peserta karena tempat yang tidak memadai. Pintu keluar masuk hanya satu dan berdekatan dengan tempat letak sepatu dan meja konsumsi. Aliran pergerakan peserta dan alumni menjadi terhambat. Sehingga berakibat pada molornya waktu training dalam setiap sesi.

Aku (sekali lagi) hadir sebagai ATS seperti biasa. Peran sebagai perusak bunga kembali kujalani di sesi Self Controlling, di samping peran-peran lain seperti penjaga blok dan pintu. Apapun tugasnya, adalah selalu menyenangkan dan membahagiaan bagiku membantu pelaksanaan training ESQ di Batam. Ikhlas dalam setiap peran dan hasil.

Sampai bertemu di ESQ training selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s