Kenapa Sih, Malaysia?

Apa yang salah dalam hubungan Indonesia – Malaysia? Kenapa ada aroma ketidaksukaan Malaysia terhadap Indonesia yang tercium tajam?
Banyak sudah yang terjadi, Malaysia berlaku arogan dan Indonesia sangat penyabar. Mengenai nasib TKI/TKW kita yang terhinakan (ratusan bahkan ribuan kasus terjadi sepanjang tahun, bahkan kepada wakil resmi bangsa di kancah karate!). Mengenai sengketa pulau-pulau terluar. Mengenai asap kiriman kebakaran di Sumatera atau Kalimantan. Mengenai batik atau rendang atau angklung yang diaku-aku produk budaya Malaysia. Mengenai diskriminasi dan apresiasi yang sangat rendah terhadap Indonesia (bahkan sampai tidak mengakui nama Indonesia dan hanya memanggil orang Indon!). Bahkan sampai soal mencaplok lagu Rasa Sayange dan lagu daerah Sumbar (update). Mengenai banyak hal yang ah…, terkadang bisa menimbulkan sakit hati…

Ada apa, Malaysia? Apa yang salah dengan bangsaku, bangsa Indonesia? Kami tidak benci padamu. Kami punya banyak kawan-kawan di Malaysia, kami semua senang dan baik-baik saja. Bahkan aku pribadi baru saja memulai kehidupan baru di salah satu bagian negerimu. Aku suka karena tak banyak berbeda dengan negaraku. Tapi kenapa sebagai bangsa, kau tunjukkan ketidakbersahabatanmu itu?

Jika warga kami marah padamu, itu adalah hal yang sangat wajar. Gambar ini adalah contohnya. Kami harap kamu maklum dan sadar diri untuk tidak benar-benar menjadi seperti yang disebut disitu.

Salam damai dari Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s