Beda Notasi

Ada rasa yang berbeda ketika menerima slip gaji sore ini. Meski ini bukan slip gaji pertama hasil bekerja (Wah, itu mah udah lama banget! Zamannya TEC Batam saat masih belum kenal Mama Ani, malahan!), juga bukan slip gaji pertama di lingkungan Jurong Technology Industries Corporation (dimana Plexus – Batam adalah salah satu anak perusahaannya), tapi ini merupakan slip gaji pertama dari Jurong HiTech Industries Sdn Bhd, perusahaan tempatku bekerja saat ini di Johor bahru, Malaysia.

Melihat angkanya yang hanya 4 digit, itulah yang membuatnya berbeda. Meski secara nilai jika dikonversi ke IDR (Indonesian Rupiah) adalah sama, namun sebagai anak bangsa Indonesia yang terbiasa dengan notasi bilangan besar pada mata uang rupiahnya, maka rasanya angka 4 digit dalam MYR (Malaysian Ringgit) menjadi terasa kecil. Coba saja misalnya sebutkan angka 1000 pada orang Indonesia, maka tak ada efeknya. Malah mungkin ditertawakan. Padahal kalau itu RM 1000, maka nilainya sama dengan Rp. 2.600.000,-! Nah, kalau angka 2 juta 6 ratus ribu ini disebut, baru ada efeknya (misalnya mata yang sedikit terbuka, atau hidung yang sedikit menghembuskan udara, atau kepala yang sedikit terangkat) hehehehe….

Sedikit menciutkan hati pada awalnya ketika melihat take home pay di slip gaji itu, “Kok segini yah?”. Padahal setelah dikonversikan dan dipikir ulang, malah menimbulkan sunggingan senyum di bibir.

Begitulah, Tuhan memang paling tahu cara menghibur hambaNya! Bahkan dengan sedikit permainan angka saja, sudah sangat membahagiakan. Alhamdulillah…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s