ESQ Training Profesional 20 Batam

Alhamdulillah training ESQ angkatan ke-20 Batam telah berlangsung dengan sukses pada 24~26/Aug kemarin. Dipandu oleh Trainer Abdul Jabir Uksim (yang terakhir datang ke Batam pada training angkatan ke-12 ketika aku adalah peserta, bulan Desember 2006) dan dibantu oleh 2 orang asisten trainer Anwar & Syarif, para peserta berhasil dibawa masuk berjalan ke dalam dirinya.
Dalam nuansa 17 Agustus-an (ditandai antara lain dengan pita merah putih di dada kanan para ATS), para peserta diajak untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang dulu berjuang membebaskan bangsa dari penjajahan Belanda. Keikhlasan para pejuang dulu itu adalah contoh nyata perjuangan yang berlandaskan cinta kepada sang Maha Agung, Allah Al Jaliil yang memberikan buah manis kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Rasa cinta seperti itulah yang digugah kepada para peserta training, sehingga mereka dapat mewujudkannya dalam bentuk pengabdian terbaik di tempat tugas masing-masing. Apalagi dengan hadirnya beberapa prajurit dan 3 orang Perwira Menengah dari Angkatan Laut Armada Barat (yang berpangkalan di Batam) sebagai peserta, nuansa semangat bela dan cinta tanah air terasa semakin kuat.
Salah satu bagian training yang kali ini sangat mengena di hatiku adalah bayangan ukuran kenikmatan dunia dibandingkan dengan kenikmatan di akhirat. Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa nikmat dunia itu seperti ketika seorang manusia berjalan ke pinggir pantai dan mencelupkan jarinya di sana, lalu diangkatnya jari itu. Air yang menetes dari ujung jarinya itulah dunia, sementara samudera luas tak bertepi di hadapannya adalah kehidupan akhirat kelak! Perumpamaan itu sangatlah menggetarkan hati, yang membuatku tersungkur dan menangis berderaian air mata. Ya Allah, aku sungguh merindukan surgaMu. Jadikanlah aku kepada golongan orang-orang yang Engkau ridhoi surga baginya!

Hal lain yang juga sangat membahagiakanku adalah bahwa mulai kali ini aku ditemani Mama Ani di dalam ruang training. Aku sebagai ATS dan Mama Ani duduk di tempat para alumni. Ini photo di belakang layar bersama Pak Jabir dan istri.

Beberapa gambar suasana saat training berlangsung yang antara lain disajikan dalam bentuk permainan, parodi, dan bernyanyi. Gambar diambil dari galeri photo website FKA ESQ Kepri:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s