Multi Nasional

Di lingkungan kerja yang baru di Gelang Patah, sampai saat ini sudah ada warga dari 5 bangsa yang berada satu atap denganku; kami yang datang dari Indonesia (dengan berbagai suku dan bahasa juga), para boss yang kebanyakan dari Singapore, beberapa Technician dan Engineer dari Philipine, sebagian operator dari Vietnam, serta tentu saja warga lokal dari Malaysia sendiri (yang juga multi etnis). Masing-masing harus dapat beradaptasi dan berasimilasi satu dengan yang lainnya.

Sangat berwarna! Perilaku, budaya, warna kulit, bahasa, dll. Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Jum’at besok, rasa nasionalis sebagai bangsa Indonesia mulai terasa masuk ke hati. Ada kebanggaan bahwa kami yang Indonesianis memegang peran-peran penting dan strategis di perusahaan.

Namun tentu saja di atas itu semua, perbedaan warna berbagai bangsa di sini adalah tetap buah karya agung dari Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Semua sama baiknya, semua sama tujuan penciptaannya. Allahu Akbar…!

Update Selasa 21/Aug: Sekarang angkanya berubah menjadi warga dari 7 negara yang bekerja di sini! Tambahannya datang dari Nepal dan Bangladesh, mulai bergabung kemarin dan hari ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s