Sepakbola Indonesia Di Piala Asia 2007

Impian melangkah ke babak perempat final Piala Asia 2007 sebagai sejarah baru bagi kesebelasan Indonesia ternyata memang harus diperjuangkan lebih keras lagi. Kekalahan melawan Korea Selatan 0 – 1 hari Rabu 18/July sore kemarin, memupus mimpi mengukir sejarah itu.
Tapi aku melihat ada semangat baru yang lahir di sana. Meski timnas Indonesia akhirnya tersingkir, seluruh pendukung dan bangsa Indonesia melihat bahwa kerja keras dan kemampuan pemain kita pantas mendapatkan pujian. Setidaknya penampilan melawan tim bernama besar seperti Korea Selatan tadi malam bisa menjadi ukuran bahwa Indonesia bisa berharap untuk memiliki sebuah kesebelasan tangguh yang bakal lahir di masa mendatang. Bahkan tak kurang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri menunjukkan dukungan akan harapan tersebut. Beliau hadir menyaksikan secara langsung 2 pertandingan tim Merah Putih di stadion Gelora Bung Karno yaitu ketika melawan Arab Saudi dan Korea Selatan.

Menurutku, puncak permainan timnas Indonesia dalam 3 laga grup D ini adalah ketika melawan Arab Saudi. Daya serang, kerjasama, skill, dan formasi yang ditampilkan sangat menarik. Setiap pemain, terutama sekali Elie Aiboy, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono dan Firman Utina menunjukkan keistimewaannya di hadapan 80 ribu orang penonton di stadion dan ratusan juta pasang mata di seluruh tanah air. Sayang sekali gol Arab Saudi lewat tandukan Saad Al Haarti di menit terakhir injury time benar-benar menyesakkan dada Indonesia. Skor 2 – 1 untuk Arab Saudi adalah kebalikan dari hasil Indonesia ketika secara agresif berhasil menaklukkan Bahrain di pertandingan pertama.

Bagaimanapun, bravo timnas Indonesia! Kalian sudah menunjukkan penampilan yang membanggakan bangsa.

(Photo diambil dari tabloid Bola)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s