Shalat Jum’at Di Gelang Patah

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan shalat Jum’at kali ini karena bagaimanapun tatacara pelaksanaanya selalu sama dari waktu ke waktu. Yang ingin kucatat adalah bahwa inilah shalat Jum’at pertama yang kujalani setelah puluhan kali (atau ratusan ya? lupa…) bolak-balik ke Johor Bahru, Malaysia dalam beberapa tahun terakhir. Memang tidak setiap kali bertugas ke JB jatuh pada hari Jum’at, tapi ada beberapa kali yang memang tepat di hari Jum’at dan selama beberapa kesempatan itu aku tidak pergi shalat Jum’at ke mesjid.

Kendalanya adalah lokasi mesjid yang jauh dari kilang (sebutan untuk pabrik di Malaysia) dan tidak ada transportasi untuk pergi ke mesjid. Jadi mau tak mau aku ‘terpaksa’ berlindung di balik sebutan musafir untuk mengganti shalat Jum’at dengan shalat Dzuhur. (Looking for Hadist to back up…)

Shalat Jum’at minggu lalu itu dapat kujalani di Gelang Patah berkat bantuan temanku di JHM, Muhd Ridzuan yang meminta tolong anak buahnya Zam memberikan tumpangan di kendaraannya untuk pergi shalat bersama-sama. Ikut juga bersama di mobil adalah Handryanto dan Agus (Engineer dan Technician dari Batam). Kami dibawa ke mesjid Jamee’ di salah satu kawasan perumahan di sana (lupa namanya, Taman …), yang ternyata menurut Zam adalah satu-satunya di kawasan itu. Zam sendiri termasuk baru kenal juga dengan kawasan Gelang Patah karena sebelumnya ia bekerja di JHM yang di Desa Cemerlang, Ulu Tiram.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s