Review 5 Hari

Sebelum berangkat dari Batam hari Rabu minggu lalu, aku sudah tahu bahwa tugas ke Gelang Patah kali ini akan cukup berat mengingat tugasnya adalah set-up line agar siap untuk kualifikasi produk. Itulah kenapa sebelumnya untuk tugas set-up ini aku mengatur agar yang berangkat mewakili Production adalah Superintendent-ku dengan ditemani 2 orang line leader. Namun karena aku juga harus mengurus permit setelah single entry visa diperoleh dari konsulat Malaysia di Pekanbaru minggu lalu, maka mau tak mau aku yang akhirnya berangkat.

Dan ternyata memang kerja keras! Meski dibantu oleh para helper, operator, forklift, high jack, dll, tetap saja yang namanya tenaga otot menjadi terkuras. Banyak equipments dan mesin yang kadang harus ditangani manual, tidak dapat menggunakan alat bantu lain. Juga keterbatasan peralatan, karena peralatan yang ada adalah pinjaman
dari SEB, yang juga memakai peralatan tersebut. Sehingga akhirnya harus bergantian menggunakannya. Ditambah lagi dengan ketidaksiapan aliran listrik, AC, kompresor, dll yang menghambat kelancaran set-up. Masih banyak lalu lalang pekerja konstruksi di area dimana mesin dan peralatan sudah harus diletakkan. Belum lagi debu dan kotoran lain akibat pengerjaan mereka, yang membuat kami harus berkali-kali membersihkannya.

Karena ketidaksiapan beberapa faktor pendukung di atas, teman-teman yang lain memutuskan untuk pulang ke Batam hari Jum’at dan akan kembali hari Senin. Aku sebenarnya tidak setuju dengan keputusan tersebut dan mendesak agar dari tiap Dept ada yang tinggal untuk mengatur barang-barangnya. Tetapi karena mereka punya pertimbangan lain, maka 9 orang kembali ke Batam, meninggalkan aku dan Pak Edi (Facility & Maintenance Engineer) berdua saja mengerjakan apa-apa yang dapat dikerjakan.

Cuaca di JB sampai hari Sabtu siang juga tidak bersahabat, panas terik sampai jam 5 sore masih terasa. Membuat cepat lelah dan badan berkeringat. Untunglah Sabtu sore hujan turun mengguyur dan suasana sedikit mendung membuat cuaca terasa lebih bersahabat. Dan itu berpengaruh juga pada percepatan pengerjaan. Apalagi hari Minggu dimana tidak banyak lagi pengerjaan di bagian dalam yang dilakukan oleh pekerja konstruksi, sehingga persiapan untuk kunjungan customer dari Motorola hari Senin ini dapat diselesaikan dengan baik.

Update Selasa 10/July: Kunjungan Motorola kemaren berjalan cukup sukses. Motorola melihat bahwa 3 line SMT sudah aktif dan bisa berproduksi, mesin dan peralatan yang lain sudah berada di tempat dan siap digunakan, manpower sudah ditraining dan mengerti produk yang akan dibuat, dan hasil uji coba beberapa panel module juga berhasil baik. Next target adalah hari Kamis 12/July untuk kualifikasi salah satu produk module. I’m working on it now!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s