Sajadah Panjang Para Pelaju

Perjalanan pulang pergi ke kantor 7 jam? Waduh… ngga’ kebayang deh capeknya harus menjalani rutinitas itu setiap hari! Tapi jua, betapa panjangnya sajadah kehidupan yang mereka bentangkan…!
Aku hanya membutuhkan kurang dari 10 menit untuk mencapai kantor tempatku bekerja dari rumah setiap harinya dengan menggunakan sepeda motor GL Pro-ku. Ya, tidak lebih dari 10 menit saja! Jadi membayangkan butuh 3 jam untuk pergi kerja dan 4 jam untuk pulang ke rumah bagiku adalah sangat berat dan melelahkan. Sesampainya di kantor badan sudah terasa lelah dan akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada produktif kerja. Demikian juga sebaliknya ketika pulang ke rumah, dengan tubuh dan pikiran yang telah terkuras, resiko bahaya di perjalanan juga akan lebih tinggi. Itu belum menghitung akibat sosial dan stress yang akan dijalani oleh si pelaju itu sendiri (pelaju adalah kata bahasa Indonesia terjemahan atas kata bahasa Inggris commuter).

Namun jika mendengarkan cerita saudara atau teman-teman yang tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya, maka kenyataan yang dijalani oleh Dave Givens di atas mungkin saja adalah kejadian keseharian yang dialami juga oleh banyak orang di Indonesia. Setiap hari mereka harus menempuh puluhan kilometer untuk mencapai tempat kerjanya, berangkat lebih awal ketika bahkan matahari saja belum terbit dan pulang larut malam ketika bulan menerangi bumi, menaiki beberapa moda transportasi berganti-ganti, untuk mendapatkan nafkah bagi diri dan keluarganya.

Sesungguhnya, jika setiap awal langkah perjalanan itu mereka nafasi dengan Bismillahirrahmanirrahiim dan dengan tujuan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT, maka bentangan sajadah perjuangan kehidupan mereka sangatlah pantas membuat kita iri. Setiap langkah mereka akan dihitung sebagai pahala, setiap putaran roda dan waktu yang berjalan akan menjadi amal baik, dan setiap tetes keringat akan menjadi buah manis kelak di akhirat.

Sudah seberapa panjangkah sajadahmu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s