Paspor Baru

Hari ini passport-ku yang baru sudah selesai. Cukup cepat: 5 hari saja! Maklum, lewat biro jasa dan bayarnya lebih mahal dari biaya pengurusan paspor lewat jalur biasa. Kalau paspor jalur biasa butuh waktu sekitar 20 hari sampai selesai dengan biaya Rp. 290 ribu, maka lewat jalur biro jasa ini hanya 5 hari tapi dengan biaya Rp. 650 ribu!

Aku memperbaharui pasporku karena meski baru akan habis masa berlakunya nanti di Oktober 2008, paspor yang lama sudah penuh semua halamannya dengan stempel imigrasi. Tidak ada tempat tersisa untuk stempel baru, jadi jika ada perjalanan ke luar negeri aku akan terpaksa berurusan dengan pihak imigrasi, yang bisa-bisa menolakku masuk ke negaranya. Meski tidak ada masalah, tapi pengalaman ini cukup mengkhawatirkan buatku waktu itu.

Selain untuk alasan itu, aku perlu paspor baru untuk mengurus ‘calling visa’ bekerja di Johor Bahru-Malaysia, yang mensyaratkan masa pakai paspor minimal masih tersisa untuk 2 tahun ke depan (sesuai dengan masa kontrak kerjaku nanti). Dan karena calling visa itu harus diurus segera, maka dari itu aku menggunakan biro jasa untuk mengurusnya. Kalau tidak, tentu aku lebih memilih mengurus pembaharuan paspor sendiri seperti sebelumnya (paspor baru ini adalah pasporku yang ke-3 sejak punya paspor pertama kali tahun 1998).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s