Satu Hari Tiga Negara – 1

Hari Kamis 17/May kemarin aku dan teman-teman kantor mengadakan perjalanan ke Johor Bahru, Malaysia. Agendanya adalah meninjau lokasi pabrik baru di Nusajaya – Gelang Patah, melihat apartment yang akan ditinggali nanti, serta melakukan interview singkat di Jurong HiTech Sdn Bhd, Desa Cemerlang – Ulu Tiram untuk mengidentifikasi operator-operator yang akan ditempatkan di pabrik baru tersebut.

Perjalanan dimulai dari Batam Centre International Terminal, seperti biasa dengan ferry Penguin menyeberangi selat menuju Harbour Front, Singapore. Penumpang cukup banyak karena hari Kamis adalah hari libur nasional, sehingga banyak warga Batam memanfaatkannya untuk berkunjung ke Singapore, Malaysia, atau negara-negara lain sekitar. Sampai di Harbour Front pukul 9 pagi (waktu Singapore, atau jam 8 pagi WIB), mobil van milik JHM (Jurong HiTech Malaysia) sudah menunggu dan siap mengantar kami.

Sebelum menyeberang ke JB, mobil van ke terminal bus Jurong Point dulu untuk menjemput salah seorang teman. Selanjutnya langsung ke custom imigrasi Singapore dan melintasi jalur SecondLink menuju JB. Sampai di Gelang Patah sekitar jam 10.30 pagi (waktu Malaysia), kami singgah di restoran India untuk menikmati sarapan. Aku memesan Roti Prata dan Milo Ais (susu Milo pakai es), sementara teman-teman lain menikmati Roti Prata-nya dengan Teh Tarik, Kopi dan Nes Ais (ini adalah sebutan untuk Nescafe pakai es). Cukup murah, RM 28 untuk 12 orang.

Tujuan berikutnya adalah melihat-lihat apartment yang akan kami tinggali nanti. Nama Apartment-nya adalah Nusa Perdana, terdiri dari 4 blok yang masing-masing berlantai 16. Berjarak hanya 300 meter dari lokasi pabrik yang baru, jadi jika suatu saat ketinggalan mobil jemputan, bisa berjalan kaki dari apartment ke pabrik. Fasilitas yang tersedia di apartment ini cukup bagus, seperti area olahraga (kolam renang, lapangan basket, bulutangkis dan volley), kantin, toko serba ada, keamanan 24 jam, dan area parkir yang luas. Sementara untuk apartment-nya sendiri, dalam satu rumah terdiri dari 3 kamar tidur, 2 toilet (salah satu berada di kamar tidur utama), ruang tamu/keluarga/makan, dapur, dan area jemur cucian. Furniture tersedia cukup lengkap, seperti kulkas, sofa tamu, meja makan, kompor gas, televisi, tempat tidur springbed Queen size, AC & kipas angin, serta lemari 3 pintu di setiap kamar (menyatu dengan dinding kamar).

Setelah melihat-lihat dan berfoto di sekitar apartment, kami kemudian menuju ke lokasi pabrik. Dari pinggir jalan terlihat bahwa kerangka bangunannya sudah jadi, sudah beratap, dikelilingi tembok, dan masih terus dikerjakan pembangunannya. Saat masuk ke dalam, sebagian lantai masih sedang disemen (belum kering), belum ada jaringan listrik, dinding belum diplester, dan jalan di sekelilingnya masih tanah lembek. Aku perkirakan pembangunannya masih sekitar 60% jadi, membuatku berfikir apakah bisa selesai dalam waktu waktu 1 bulan sesuai rencana (yang juga sudah molor itu)?

Dari pabrik, kami berjalan-jalan sebentar melihat pabrik plastik moulding SEB & Microfab yang berada di sebelahnya (kedua perusahaan ini berada dalam payung korporasi yang sama dengan Jurong HiTech Group yaitu Jurong Technology Industrial Corporation). SEB adalah perusahaan plastik moulding yang dibeli JTIC dari Penang, dipindahkan operasionalnya ke JB dan telah mulai beroperasi sejak April lalu.

Bersambung ke sini…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s