Engkol Patah

Halah…. baru juga ditulis di sini kemaren, si GL Pro udah minta diceritain lagi. Kali ini tentang kick starter (engkol kaki) yang patah.

Selesai mengerjakan tugas-tugas di meja kantor sore kemaren jam 5 aku langsung turun ke tempat parkir untuk mengeluarkan si GL Pro. Waktu mengengkol lancar-lancar saja dan motor hidup seperti biasa. Tapi ketika engkol dilepas, tiba-tiba tuas engkol itu jatuh! Kaget juga aku dibuatnya, soalnya baru kali ini mengalami kejadian engkol bisa patah.

Mesin motor kumatikan kembali dan mengamati tuas engkol tersebut, bagaimana kira-kira mengatasi masalah ini. Kalau didorong ke bengkel dan ganti engkol baru, lumayan jauh bengkelnya dan ngga’ tahu apakah ada stock engkol untuk GL Pro ini. Kalau diperbaiki, cara satu-satunya adalah di-las. Tapi mengingat sempitnya area pengelasan, mungkin tidak cukup kuat (beberapa kali engkol bisa patah lagi). Tapi tidak ada salahnya mencoba.

Maka motor kudorong ke bagian Maintenance/Facility dan minta tolong pada salah seorang karyawan di sana (Mas Wahyu) untuk mengelas engkol itu. Setelah selesai dilas dan dirapiin pakai gerinda serta dipasang ulang ke motor, aku mengengkol motor. Benar saja, sekali engkol sudah patah lagi! Tuas engkol malah terlempar ke depan.

Setelah mencari-cari dan memutar akal, aku dan Wahyu kemudian menggunakan sebuah baut besar sebagai penyambung engkol ke pengunci bawah. Baut di las rapat dan memutar, kemudian dirapikan kembali dengan gerinda. Beberapa kali sempat bongkar pasang ke motor karena belum pas, akhirnya selesai juga. Kucoba mengengkol beberapa kali, tidak ada masalah. Hore!

Rencana pulang sore akhirnya terkendala. Pengerjaan perbaikan itu baru selesai dalam 2 jam, jadi praktis baru jam 7 malam lewat aku bisa keluar dari pabrik. Cape deh…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s