Move to New Plant (in planning stage…)

Seperti telah diindikasikan di sini dan di sini, nampaknya PT Plexus Manufacturing Indonesia tempat aku bekerja saat ini mungkin memang tak akan bertahan lebih lama lagi. Dalam meeting akhir minggu lalu bersama President Director Mr. Chua Choon Chye disebutkan bahwa keputusan pasti mengenai ditutupnya perusahaan akan disampaikan pada bulan Juni mendatang. Namun seperti telah diberitahukan sebelumnya, pengurangan tenaga kerja kontrak (dengan tidak memperpanjang kontrak kerja bagi yang habis masa kontraknya) harus tetap dilanjutkan. Sehingga pada akhir bulan Juni nanti karyawan yang tinggal adalah karyawan tetap saja, yaitu sekitar 150 orang.

Rencana kepindahan perusahaan ke Johor Bahru, Malaysia ini sudah bisa disebut sebagai sebuah ‘kemungkinan sangat besar’. Bahkan tindak lanjut untuk memindahkan karyawan telah dimulai. Para Dept. Head telah diminta untuk menyerahkan dokumen-dokumen untuk mengajuan permohonan izin kerja (employment pass) pada pemerintah Malaysia. Karena proses persetujuan akan membutuhkan waktu 2 bulan, maka pengajuan izin kerja itu harus dimulai dari sekarang. Demikian juga dengan arahan untuk melakukan seleksi karyawan yang akan ditawarkan untuk pindah kerja, juga sudah diberikan. Karyawan yang dimaksud adalah mereka yang memiliki kemampuan kerja bagus, bertanggung jawab pada posisi yang penting dan kritikal, dan tidak memiliki track record performance serta perilaku yang jelek.(Photo di atas adalah photo yang diambil oleh HRD 2 hari yang lalu untuk kepentingan pengurusan dokumen)

Tentunya kepindahan perusahaan ke M’sia ini haruslah dengan terlebih dahulu menyelesaikan urusan-urusan di Batam. Yang paling ditunggu karyawan tentunya mengenai uang pesangon. Menurut yang disampaikan Mr. Chua, hal ini tidak akan menjadi persoalan karena perusahaan telah menghitung dan menyediakan dana untuk itu. Tidak perlu ada kekhawatiran mengenai hal tsb. Apalagi mengingat bahwa perusahaan masih memiliki deposit ratusan ribu Sin dollar di Batamindo, yang ngga’ mungkin ditinggal begitu saja.

So, mudah-mudahan ini menjadi stepping stone yang baik bagi karirku di masa yang akan datang. Kesempatan baik harus diraih, karena mungkin ia tak akan pernah datang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s