Gonjang-Ganjing Lagi

Ada kabar perusahaan tempatku bekerja ini akan tutup lagi !! Udah rame gosipnya tersebar di kalangan karyawan, dan yang namanya gosip ya jelas ditambah di sana sini dan banyak kekurangannya.

Yang aku tahu sih begini: kontrak sewa gedung dengan Batamindo akan berakhir bulan Agustus 2007 ini dan sebagaimana biasa 6 bulan sebelum berakhir harus diberitahukan apakah akan diperpanjang atau tidak. 6 bulan sebelum Agustus adalah Februari dan sampai hari terakhir ini (tulisan ini dibuat tanggal 28 Feb) belum ada kabar yang jelas.

Kedua, dalam meeting di Raffles Marina akhir minggu kedua Feb., the President of Jurong Technology Industrial Corporation Mr Lee Lok Fui mengatakan bahwa lokasi pabrik baru sebagai integrasi dari pabrik-pabrik di S’pore-Malaysia (JB)-Batam telah siap. Lokasi di Nusajaya, Gelang Patah, Johor Bahru ini akan menjadi semacam one-stop service yang menyediakan semua yang dibutuhkan oleh pabrikan besar. Di sana akan ada pabrik plastik-moulding (dibeli dari pulau Penang, dan akan mulai beroperasi 1 Maret ini), pabrik casing-metal (dalam perencanaan), pabrik perakitan (seperti yang sekarang ada di Batam, JB, China, dll), dan satu lagi aku lupa. Dikatakan bahwa ini adalah satu cara untuk bisa survive dalam persaingan sangat ketat di dunia elektronik.

Ketiga, dalam kesempatan lain sesudah meeting, President Director PT Plexus Manufacturing Indonesia (yang merupakan subsidiary dari Jurong HiTech group), Mr. Chua Choon Chye mengatakan bahwa secara pribadi dia menginginkan operational di Batam tetap berjalan. Kemungkinan project yang akan dikerjakan adalah yang non-Motorola, seperti SmartDTV, iFoundry, Agilents dan beberapa type modules. Namun karena masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan, maka akan lebih diperjelas lagi di kemudian hari.

Keempat, arahan yang sudah diberikan adalah untuk mengurangi karyawan yang ada saat ini. Terutama sekali karyawan kontrak, yang tidak akan diperpanjang kontraknya. Demikian juga untuk memberikan persetujuan bagi yang mengajukan pengunduran diri. Untuk bulan Maret, dari Produksi ada 40 orang yang kontrak kerjanya akan berakhir, dan semua telah kuserahkan ke HRD untuk dilepas. Target berikutnya adalah yang akan finish contract di bulan April, sejumlah 44 orang dari Produksi.

Melihat fakta-fakta yang ada, nampaknya sikap paling baik saat ini adalah ‘wait and see’. Jika Plexus masih bisa bertahan, then it will be good. Jika tidak, akan dipertimbangkan dulu paket remunerasi yang ditawarkan untuk ikut pindah ke Nusajaya (sebagian karyawan direncanakan akan dipindah), jika menarik then I’ll work in JB. If not, I’ll search the opportunity in other company.

Uang pesangon? Nanti aja dihitung !😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s