‘Pulang’

Hari ini ada satu berita duka lagi gue terima dari teman. Salah seorang teman kuliah gue dulu di Unjani Bandung, Alfarius atau biasa kami sapa Yus, meninggal dunia beberapa waktu yang lalu. Kapan persisnya tidak disebutkan. Hanya saja berdasarkan informasi dari Ewink, Yus meninggal karena sakit paru-paru, yang semakin kronis sejak Desember 2005 lalu.

Berarti ini adalah berita duka ke-2 dalam waktu sangat berdekatan mengenai berpulangnya teman-teman lama gue. Sebelumnya sahabat di SMA, Jacky Devino juga meninggal dunia tanggal 28 Januari lalu pukul 21.00, juga di Bandung. Belum lagi kabar bahwa Amonda, juga teman di SMA, mengalami kecelakaan di Jakarta dan sedang dirawat intensif di RS setelah koma dan sekarang mengalami amnesia.

Seperti pepatah Minang, mumbang jatuah kalapo jatuah.
Kalau soal umur, semutlak-mutlaknya rahasia Allah SWT. Panjang singkatnya umur seorang manusia sudah ditentukan, bahkan semenjak sebelum kelahirannya ke dunia. Yang pasti kita harus mempersiapkan diri ketika sewaktu-waktu ‘panggilan pulang’ itu datang, dengan mengisi dan menjalani kehidupan ini dengan amal shaleh, melaksanakan syariat agama, serta menjauhi/tidak melaksanakan hal-hal yang dilarang.

Apakah tulisan ini adalah pengingat yang kubuat untukku sendiri? Ataukah ini satu pertanda? Kembali satu introspeksi, am I ready to ‘go’ ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s