ADA Sakit Perut

Si ADA sakit saat gue pulang dari JB Sabtu kemaren. Kata Mama Ani, ia muntah-muntah setiap kali habis makan/minum apa saja sejak sekitar jam 4 sore. Tidak diketahui penyebabnya apa, tapi ia kelihatan pucat dan lemas. Padahal paginya saat ia mengantar gue berangkat, tak ada tanda-tanda ia sakit.

Saat gue sampai di rumah jam 7.30-an malam, dia lagi makan sate ayam. Begitu ngelihat gue datang, ia langsung minta dipeluk dan duduk dipangkuan gue. Badannya terasa hangat. Kami duduk di teras depan sambil menemani ia makan pelan-pelan. Saat makanpun beberapa kali ia mual dan seperti ingin muntah, namun berhasil ditahan. Kami minta ia untuk berhenti dulu makan agar mualnya tak berlanjut. Tapi dasar ADA kalo udah pengen makan, dia terusin aja menghabiskan sate ayamnya itu. Untunglah sampai tidur malamnya ia tak muntah lagi.

Minggu pagi ADA masih kelihatan loyo, mungkin karena ngga’ banyak makanan yang masuk ke perutnya. Gue tahu ia bangun beberapa kali untuk minum air putih malam itu. (Untuk soal bangun malam, ADA sangat mandiri. Hanya sesekali saja ia membangunkan kami untuk pipis ke toilet, kalau selot pintu terkunci atau semua lampu kami matikan. Selain itu, ia berani untuk pergi mengambil minum atau pipis ke toilet sendirian malam-malam. Kami bangga dengan kemandiriannya itu !!)

Mama Ani membuatkan sop ayam campur wortel dan kentang khusus untuknya, dengan nasi hangat yang dihaluskan sebagai sarapan paginya. Ia bisa makan satu mangkok kecil, jauh dari porsi makan hariannya. Itupun siangnya dimuntahkan juga. Mama Ani dengan telaten menyuapkan kembali makanan agar perutnya tidak kosong, membalurkan minyak kayu putih ke sekitar pusernya, meminumkan Paracetamol untuk menurunkan panas dan selalu menemani ADA.

Gue pinjam motor tetangga untuk beliin ADA kelapa muda. Dulu saat ia sakit seperti ini, air kelapa muda cukup mujarab membersihkan perutnya dari bakteri/kotoran yang membuat ia muntah-muntah. Dan benar saja, ngga’ lama setelah menghabiskan satu gelas air kelapa muda, ADA langsung mulas-mulas dan mencret cukup banyak di toilet. Setelah itu, ia kelihatan lebih enakan. Malahan sore itu ia udah mau main keluar rumah, dalam pengawasan gue dan Mama Ani. Dan ia ikut juga nimbrung melihat ke kerumunan orang saat ada motor nyebur ke saluran air (ada yang lagi belajar motor dan pas memutar di jalan situ bukannya pelan-pelan, malahan di-gas sehingga nyemplung 2 meteran ke bawah dua-duanya masuk saluran air!!).

Malamnya ia ikut makan bareng saat Oom Bayu datang, lumayan ceria ia saat ada yang menjenguk. Sampai tidur jam 9-an, ADA ngga’ makan apa-apa lagi. Mungkin karena itulah, pagi-pagi bagun jam 5.30 ia merasakan perutnya sakit dan perih. Karena ia sampai nangis-nangis (ADA sangat jarang menangis, kecuali kalau udah sakit sekali), Mama Ani sampai panik mengajak ke Emergency Rumah Sakit. Tapi gue tahan dengan lebih detail menanya ADA apa yang dirasakannya. Sampai ketika Mama Ani bertanya apakah ia lapar/mau makan, ia menjawab iya. Dan setelah makan itulah, ia bilang perutnya sudah enakan dan ia ingin melanjutkan tidurnya.

Kami cukup lega melihatnya, tapi demi kepastian kondisinya, kami rencanakan untuk tetap membawanya ke dokter pagi tadi. Jadilah akhirnya jam 8.30 pagi tadi kami ke dokter untuk memeriksakan kesehatan ADA meskipun si ADA sendiri udah kelihatan sehat. Kata dokter ADA mengalami kelebihan kerja usus lambung akibat makan yang sering dan banyak. Lucunya, saat disarankan dokter untuk mengurangi porsi makannya, si ADA langsung cemberut. hehehehehe…..

Pulang dari dokter, ADA bilang mau makan spaghetti. Kami ke Pizza Hut di Mega Mall Batam Centre untuk memenuhi keinginan sang buah hati ini, sambil juga belanja kebutuhan dapur di Hypermart. Dengan kesadaran sendiri, ADA tidak menghabiskan spaghetti-nya dan menyerahkan ke Mama Ani untuk dihabiskan. Padahal kami juga udah cukup kenyang dengan paket pizza yang kami pesan. Bahkan 2 piring kecil akhirnya kami bawa pulang karena tidak habis dan sayang untuk ditinggalkan saja.

Alhamdulillah ADA udah sembuh dan kembali ke kondisi seperti biasa. Semoga ia akan tetap sehat dan kuat untuk selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s