Jalan-jalan Akhir Pekan – 1

Hari Minggu kemaren pergi mengajak keluarga kecilku ke Mega Mall. Tujuan utamanya sih pergi berbelanja kebutuhan untuk satu minggu ke depan, sekalian jalan-jalan di akhir pekan. Jalan-jalan akhir pekan ini penting untuk istri dan anakku sebagai penghilang kejenuhan setelah satu minggu tidak pergi kemana-mana. “Terkurung di rumah saja”, kata istriku.

Ada benarnya, pertama karena istriku memang wanita rumahan. Senang beraktifitas dan berada di dalam rumah. Ia jarang mau pergi mengunjungi rumah tetangga untuk sekedar ngobrol seperti yang banyak dilakukan ibu-ibu di komplek perumahan. Atau ikut arisan biar bisa kumpul-kumpul. Atau menghadiri undangan kegiatan ibu-ibu seperti selamatan, pengajian, dll. “Buang-buang waktu serta bikin hati jadi keruh saja”, katanya. Barangkali karena apa yang dibicarakan ibu-ibu tersebut biasanya tidaklah jauh dari hal-hal membandingkan keluarga masing-masing, kekayaan, perhiasan atau ngerumpiin hal-hal yang tak jelas.

Kedua karena rumah kami memang kawasan perumahan baru yang belum dilewati oleh transportasi umum sehingga akses dari dan ke luar kawasan tidak lancar. Kalau mau keluar, kami harus berjalan kaki dulu mencapai jalur transportasi umum terdekat yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah. Itupun harus melewati jalan yang sedikit menanjak lalu menurun cukup tajam. Bagi istriku ini adalah perjalanan yang melelahkan karena ia tidak terbiasa berolahraga dan karena badannya yang besar (hm biasalah, wanita tak ingin disebut gemuk🙂). Belum lagi rasa kasihan kalau melihat anak kami si ADA yang juga harus ikut berjalan kaki sejauh itu.

Berbeda denganku yang setiap hari pergi bekerja keluar dan melewati jalur tersebut. Rasa ‘terkurung’ atau capek tidak pernah begitu menjadi persoalan buatku. Interaksi dengan teman-teman dan anak buah di perusahaan membuatku bisa selalu terisi dengan hal-hal yang baru. Demikian juga dengan saat mendaki atau menuruni bukit, aku sudah terbiasa mendidik tubuhku dari kecil untuk tidak manja menghadapi kondisi apapun. Jadi meskipun sekarang beratku 80 kg, aku masih cukup fit untuk banyak aktifitas berat, cepat dan memakan tenaga.

Akhirnya jalan-jalan di akhir pekan adalah satu kegiatan yang rutin kami lakukan untuk membawa suasana baru di hati, membersihkan kejenuhan di pikiran, dan juga melihat ‘kehidupan di luar’, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan dapur untuk satu minggu. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlewati, itu kata pepatahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s