Pernikahan Yusnita

Jum’at 30/Sept gue menghadiri acara akad nikah salah seorang Supervisor gue, Yusnita di rumahnya di Villa Muka Kuning. Dalam acara yang dilaksanakan setelah shalat Jum’at tsb, langit seperti mencurahkan rahmatnya. Hujan deras, petir dan kilat sambar-menyambar menjelang pelaksanaan acara. Sempat terpikir, semoga ini adalah pertanda baik.

Yusnita berpakaian brokat diselimuti selendang keperakan, ia terlihat cantik di hari bahagianya ini. Sang calon suami, yang datang dengan beberapa kerabatnya, memakai jas biru gelap. Kesamaan keduanya: sama-sama kurus🙂

Tepat jam 13.50 acara dimulai oleh sang Penghulu, didahului oleh pembacaan do’a, sambutan, dan serah terima bingkisan dari pihak laki-laki ke pihak perempuan. Dan persis jam 14.00, acara ijab qabul dilaksanakan. Bertindak sebagai wali adalah ayah kandung Yusnita dan saksi dari kedua belah pihak (tadinya sempat gue diminta Yusnita menjadi saksi karena saksi yang telah ditunjuk belum datang karena hujan, namun akhirnya sang saksi tadi datang juga). Si Bapak sempat keseleo beberapa kali menyebutkan nama sang calon suami, sehingga beberapa kali harus diulang ijab-nya. Sementara Mas Wowok, sang mempelai pria, dengan mantap mengucapkan qabulnya. Dilanjutkan dengan acara pemasangan cincin, penandatanganan berkas acara pernikahan dan kembali ditutup dengan do’a. Dan sedikit hiburan nyanyian shalawat dari beberapa orang anak buah Yusnita, cukup memeriahkan suasana.

Sungguh sebuah acara akad nikah yang sederhana, tapi sangat berarti. Tidak perlu seremoni yang memakan biaya besar, atau tempat yang megah, atau hiburan yang macam-macam. Meski sederhana, ia sanggup mengesahkan hal yang haram menjadi halal, ia membawa perubahan kehidupan bagi 2 anak manusia, 2 keluarga, dan bagi masyarakat sekelilingnya, dan ia adalah bentuk sebuah penerimaan tanggung jawab yang sangat besar yang akan dimintakan jawabnya nanti di hari perhitungan.

Semoga berbahagia Yusnita & Wowok Sujarwo, menjadi keluarga yang sakinah ma waddah wa rahmah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s