Seharian Tadi

Pulang ke rumah udah diduluin si Bayu, yang lagi tidur-tiduran baca koran. Gue ingat nasi belum ada, jadi langsung ambil beras, cuci, terus tarok di rice cooker biar masak. Terus ngelihat banyak banget semut merah lagi ngerubutin kabel di belakang kulkas, juga di bawah rak sepatu. Langsung gue mainin sapu menghalau mereka keluar rumah. Heran… kok semut senangnya gigitin kabel?

Belum juga selesai, mata gue udah ngelihat banyak banget semut hitam di samping mesin cuci. Ngga’ pake kompromi, minyak tanah gue tumpahin ke situ. Modar semua!

Bayu katanya mau nyuci, jadi gue beresin deh segala kotak bawang, irisan sayuran, sampah, dan toples (sisa kerjaan istri yang ngga’ sempat lagi diberesin kemaren lusa) yang ada di atas mesin cuci. Juga segala piring, mangkok, sendok, centong, dan talenan kotor yang ada di dapur gue bawa ke tempat cuci di belakang rumah. Buset, air mati pula!!

Jendela kamar depan, belakang, dan ruang tamu belum pada dibukain. Daripada sumpek, gue bukain semua. Mie instan yang 2 box, gue jadiin satu biar box satunya bisa dibuang, ngga’ menuh-menuhin tempat. Sampah di kotak sampah di kamar, ruang tamu, dan dapur gue bawa ke halaman belakang. Ntar mau dibakar.

Aah…. gulai kerang masih ada, lumayan buat sarapan. Gue lihat nasinya hampir matang. Ya udah, gulai kerangnya gue panasin. Tanya Bayu mau sarapan apa, katanya ngga’ laper. Padahal kalau dia mau, gue mau masakin sarden atau dadarin telur. Di kulkas masih banyak persediaannya tuh. Lantaran ngga’ mau, ngga’ jadi deh gue masakin.

Pas noleh ke jam dinding, udah hampir jam sepuluh. Waduh…. nasinya pas gue lihat kok lembek. Kebanyakan air kayaknya. Jadi ingat kata istri gue beberapa hari lalu, beras ini ngga’ perlu banyak air kalo masak, beda dengan beras yang sebelumnya. Keburu lapar, gue sendokin juga tuh nasi buat didinginkan dulu.

Masih di dapur, gue lihat botol-botol air minum udah pada kosong. Biasanya kami sekeluarga emang doyan minum air dingin dari kulkas, bikin segar gitu. Sambil ngisi air gue lihat galon air satunya udah kosong, berarti besok harus beli lagi untuk persediaan minum.

Akhirnya sarapan juga jam setengah sebelas! Kebiasaan dari dulu, paling enak sambil baca koran. Beritanya, flu burung sama BBM melulu! Kenyang. Siap-siap ambil posisi tidur di kasur, ngantuk berat. Nggak lama, zzz… zzz… zzz…

Ngga’ tahu jam berapa, dibangunin Bayu. Ada sales nawarin obat Abate, itu lho yang buat diceburin ke kamar mandi biar ngga’ ada nyamuk atau jentik atau telur nyamuk Aedes Aegypti. Ngantuk-ngantuk dibangunin buat ngelayani salesman gitu, gue bilang ngga’ mau beli aja. Terus tidur lagi, ngapain ngelayanin sales gitu. Lha di persediaan kayaknya masih ada tuh, belum kepake.

Tidur lelap banget, tahu-tahu dibangunin Bayu jam enam seperempat sore. Udah Magrib, Astaghfirullah gue kelewat Dzuhur dan Asyar!!! Buru-buru nyalain lampu, mandi, berpakaian, shalat Magrib, tutupin jendela, nyiapin bekal makan malam, terus ngunciin pintu. Semua selesai dalam seperempat jam. Terus jalan kaki ke pintu 2 Bida Ayu, berangkat kerja bareng Bayu. It’s night shift time work again!!!

Jam setengah sembilan tadi telpon ADA sama Mamanya ke Pandaan, Sidoarjo. Aduh…. senang banget dengar anakku sehat dan bahagia disana. Diajarin Mamanya ngobrol bahasa Inggris kayak: “how are you?”, “take care ya…”, “I miss you”, “I love you Pa”, “are you happy there?”, dan banyak lagi. Hope they really enjoy the vacation there.

Udah, gitu aja dulu catatan buat hari ini. Ntar kapan-kapan dilanjutin lagi.

Leave a Reply

