Sopir Gila

Pulang kerja tadi malam naik taksi ‘combat’ (baca: kombet, sebutan orang Batam untuk taksi-taksi tua dan sebenarnya udah ngga’ layak jalan), bikin gue mikir bahwa ternyata banyak sekali orang ngga’ waras yang memegang kendali kehidupan orang lain.

Kejadian tadi malam adalah saat taksi yang gue tumpangi menerobos saja lampu merah di simpang Panbill dari arah Batu Aji berbelok ke Tj Piayu. Sementara itu arus deras kendaraan dari arah Duriangkang menuju Muka Kuning mengalir cukup padat. Sedetik gue pikir sopir taksi akan menghentikan kendaraannya tepat di tengah-tengah persimpangan, menunggu aliran kendaraan berhenti karena lampu akan menyala merah. Tapi ketika laju taksi ini tak juga berkurang dan siap-siap menerobos jalan (artinya menabrakkan diri ke tengah-tengah arus kendaraan), gue mulai berpikir; “shit, sopir ini gila!”

Untunglah sopir van dari arah berlawanan cukup punya kesabaran dan sempat untuk mengerem dan sebuah sedan masih bisa mengelak ke kiri jalan, sehingga tabrakan bisa dihindari. Di tengah suara protes dan klakson bertubi-tubi, si sopir taksi gila ini masih saja sempat mengumpat nama binatang ke arah mereka !

Sungguh prilaku yang nyaris sama dengan nama binatang yang dia teriakkan !

Para sopir taksi combat memang telah menjadi penyakit jalanan di Batam. Seenaknya, tak tahu diri, tak punya aturan, bahkan cenderung barbar. Pemerintah kota saja takluk saat mencoba memasukkan bus ke jalur yang sama dengan daerah operasi mereka. Daripada bus dan sopir babak belur, Pemko membiarkan daerah operasi tersebut menjadi ‘hak monopoli’ mereka. Percuma saja melawan orang-orang dengan karakter keras seperti mereka, akan membuat orang terlihat sama dungunya.

Entah sampai kapan mereka akan terus hadir di jalanan kota ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s