Kurir Barang

Lantaran lama ngga’ datang-datang juga menjemput barang yang sudah disiapkan, rencana menggunakan kurir AFreight Cargo aku batalkan. Mereka janji-janji terus akan datang menjemput, yang ternyata tidak terlaksana sampai minggu ini. Karena itu kemaren aku ngubek-ngubek internet mencari kurir lain yang bisa mengirimkan barang dari Johor ke Surabaya. Dan ternyata hasil ubek-ubek itu  cukup membantu dalam menghemat biaya dan kepraktisan.

Mandiri Sejahtera Cargo namanya. Dari perbincangan dengan staff yang datang ke rumah mengantarkan kardus, sepertinya dimiliki dan dikelola oleh orang Indonesia, tapi aku tidak begitu pasti. Layanannya door to door juga, jadi konsumen tidak perlu repot menggotong-gotong barang, cukup menunggu mereka datang menjemput ke rumah. Kotak disediakan (tidak ada biaya tambahan) bahkan mereka juga menyediakan jasa membantu mengepak barang di rumah.

dscn0200Biayanya cukup kompetitif. Untuk sistem paket kotak ukuran XL (85x65x60 cm) mereka mengenakan biaya RM300 dan kotak ukuran L (55x55x60 cm) dikenakan biaya RM200. Bandingkan dengan AFreight Cargo seperti rencanaku sebelumnya yang mengenakan biaya RM380 untuk kotak Jumbo ukuran 60x60x60 cm dan RM180 untuk kotak Imut ukuran 60x40x30 cm. Sementara untuk pengiriman barang dengan satuan kilogram, MS Cargo menetapkan harga tergantung kota tujuan. Namun tetap jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kurir-kurir lain seperti Tiki, DHL atau Posindo.  Lihat tarif harganya di sini.

Nah pagi tadi 2 kotak yang sangat berat inipun telah diambil oleh petugas MS Cargo. Ya, sangat berat karena sebagian besar isinya adalah buku-buku, peralatan dapur, pakaian dan beraneka barang tetek bengek lain yang sayang untuk ditinggal/dibuang. Diperkirakan akan sampai di Surabaya dalam waktu 2 minggu.

About these ads

30 thoughts on “Kurir Barang

  1. Pingback: Akhirnya Nyampe Juga « Arizaldi’s Journey

  2. To Bapak Arizaldi
    Terimakasih atas tulisan tentang Mandiri Sejahtera Cargo, suka duka pengalaman mengirim barang dari Malaysia ke Indonesia.

    Seharusnya petugas yang mengambil barang di Johor memberitahukan kepada pengirim barang, tanggal berapa akan ada pengiriman selanjutnya? atau kapan akan diberangkatkan? dsb…Sebab semua barang yang diambil oleh petugas kami akan di Pool dulu di Gudang Mandiri Sejahtera di Kajang Selangor untuk proses repacking, input data loading ke Kontener dsb… sehingga membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyiapkan kardus2 dan paket2 lain sambil tiba saat nya kedatangan Kontainer 40 feet.

    Menurut catatan kami, bahwa barang Bpk Arizaldi Ardal – Nusa Perdana – Johor dengan Nomor Resi Pengiriman MSL 1878 diberangkatkan pada Trip Akhir Maret 2009 ( kemungkinan barang mengendap dulu di kantor kami di Johor beberapa hari ).

    Jadi ketika barang anda di ambil tanggal 16 Maret 2009 sampai pada keberangkatan Kontener dari Gudang kami menuju Pelabuhan Klang – 28 Maret 2009 , ada jedah waktu sekitar 2 minggu .

    Sebenarnya pure proses perjalanan dari keberangkatan sampai pada bongkar barang di Pelabuhan Tg Priok hanya sekitar 15 hari ( loading 2 hari + shipping 4 hari + dokumentasi sebelum berlayar 3 hari + dokumentasi clearance dan bea cukai 3 hari ) .

    Setelah itu barang transit di Gudang kami di Jakarta untuk didistribusikan ke seluruh Indonesia. Kami perkirakan biasanya distribusi ke seluruh Indonesia rata rata 10 hari.

    Namun untuk kasus Pak Arizaldi ini setelah kami cermati, ada faktor2 yang membuat bapak Arizaldi ini menyebutkan ” Kenyataannya adalah barang baru diterima setelah 5 minggu!”
    – Petugas tidak memberitahukan kepada Pengirim barang detail waktu pengiriman nya.
    – Pengirim barang pun tidak menanyakan hal tsb.
    – Kemungkinan keterlambatan distribusi di pulau jawa dapat pula disebabkan waktu itu musim hujan sehingga banyak daerah2 yang tergenang air yang menyulitkan kendaraan kami dalam perjalanan.

    Akhirnya kami segenap staff Mandiri Sejahtera Cargo ( MS Cargo ) menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Bapak Arizaldi karena telah menggunakan JaSA MS Cargo ini.
    Selanjutnya kami mohon beribu ribu maaf karena pelayanan kami dirasa kurang memuaskan. Kedepan Kami berjanji akan memperbaiki system dan kinerja kami Insya Allah.

    Wassalam,
    Syarif Hidayat
    +60175818922
    Customer Service
    cs@mscargo.com
    Mandiri Sejahtera Cargo

  3. mas arizaldi saya mau tanya perihal pengiriman barang dari malaysia ke Indonesia.
    beberapa waktu yang lalu saya ada pesan beberapa potong pakaian anak, saya beli via shopping online (blog malaysia punya) yang jadi kendala menurut mereka adalah pengiriman dari malaysia ke tempat tinggal saya. kira-kira bila saya memakai mandiri cargo seperti mas arizaldi pakai berapa biaya yang saya harus saya keluarkan dan apakah ada kena bea masuk ke indonesia.
    mohon pencerahan, terima kasih.

    salam
    dv

  4. mbak Devi,
    sepertinya bisa banget tuh pakai jasa cargo. jika barangnya tidak banyak, akan dihitung per kg. tarifnya berbeda tergantung wilayah tujuan di Indonesianya dimana.
    soal biaya masuk, tidak ada. itu menjadi tanggung jawab kurir yang mengirimkan dan tidak semua barang dikenai cukai.

    kalau mau pakai jasa MS Cargo, untuk lebih jelas silakan hubungi nomor Uda Syarif yang di atas.

    semoga membantu.

  5. Selamat siang pak

    saya mau tanya apakah ms cargo tidak mempunyai kantor perwakilan yang berada di surabaya , biar nanti kalau ada komplain atau mencari barang yang kita kirim dari malasyia ke surabaya biar cepat penangannya . karena saya pernah kirim barang dari hongkong ke indonesia kita tanya ke kantor perwakilan yang berada di surabaya sampai di mana keberadaan barang kita . pihak perwakilan yang akan memberi keterangan. jadi kita tidak menghubungi kantor yang berada di jakarta jadi ribet.

    Terima kasih

    Edy

    • Mas Edy,
      Saya tidak mengetahui apakah ada kantor perwakilannya di Surabaya atau tidak. Saya rasa lebih tepat jika mas Edy menghubungi uda Syarif di alamat di atas.
      Atau bisa juga menghubungi nomor pihak MS Cargo berikut yang kami gunakan untuk berkomunikasi (maaf, saya lupa siapa namanya) 08161471205.

      Semoga bermanfaat.

    • Mas Budi,
      Jawaban yang sama ya dari saya dengan jawaban untuk mas Edy di atas. Silakan menghubungi pihak MS Cargo di nomor +60175818922 (Syarif Hidayat, Malaysia) atau +628161471205 (Indonesia).

      Terima kasih.

  6. saudara saya di malang jawa timur pernah kirim barang dari malasyia ke indonesia

    tetapi sampainya kok lama sekali hampir satu bulan itupun harus tanya ke jakarta dulu katanya sudah di kirim ke alamat tetapi ternyata belum sampai juga , terus teman menanyakan alamat kantor/agen yang berada di jawa timur tatau kota surabaya tetapi katanya tidak ada pantas saja lama sekali

    kalau boleh usul ms cargo seharusnya mempunyai kantor perwakilan yang berada di surabaya biar nanti kalau ada keterlambatan atau kalau barang bisa di ambil sendiri di kantor agen kan lebih cepat.

    terima kasih

    budi

    • Ini masukan yang berharga bagi pihak MS Cargo untuk meningkatkan pelayanannya lebih baik di masa yang akan datang.

      Mudah-mudahan uda Syarif segera memberikan respon atas masukan ini.

      • Terimakasih Uda Arizaldi…
        Sdr Budi, Edi Yth,
        Untuk saat ini kami memang belum ada perwakilan di Surabaya, Lori / Kendaraan kami langsung dari JKT menuju Alamat di Jawa.

        Untuk kedepan akan kami pikirkan untuk membuka kantor di Surabaya.

        Kami memang selalu menyampaikan kepada kostumer kami melewati petugas pengambil barang di Malaysia bahwa waktu yang di butuhkan untuk bisa sampai ke alamat2 adalah maksimal 1 bulan. Khususnya untuk daerah Jawa Timur / Madura .karena kita memakai fasilitas Kapal laut dan Pelabuhan yang kami tuju adalah Tg Priok.

        Jika kesulitan menghubungi nomor2 tlp yang ada di Indonesia, silakan sms ke nomor saya , Insya Allah akan saya respon secepatnya

        Wassalam
        Syarif Hidayat
        +60175818922

  7. saya mau tanya. kenapa untuk untuk menyingkat waktu dan jarak . mengapa pengiriman barang tki dari malasyia sendiri tidak di bagi antara tanjung priok dan tanjung perak surabaya ( indonesia timur) .

    karena saya pernah tanya teman yang dulu kirim barang dari malasyia sana pakai expd yang juga mengirim barang tki juga
    problem sama dengan saya baca di atas , tidak mempunyai kantor perwakilan di surabaya

    apalagi sekarang untuk wilayah madura sudah tersambung jembatan jadi lebih cepat.

    • Kita sebenarnya sudah membagi menjadi 2 destinasi, Belawan ( medan ) dan Tg Priok ( Jkt ), Namun di pelabuhan Belawan suasana kurang kondusif sehingga kita pool di JKt semua.
      Kantor Perwakilan kami hanya ada di Jakarta dan di Medan, Sekarang ini kami memakai sistem borongan ( tender ) kepada Perusahaan lain yang khusus menghantar barang2 kami ke alamat2 di seluruh Indonesia. Nah Perusahaan itu memang mempunyai cabang2 di daerah2 . Tapi itu adalah bukan cabang dari Mandiri Sejahtera Cargo. Melainkan cabang dari Perusahaan yang sudah kami tunjuk untuk distribusi barang2 kami. Mandiri Cargo tidak berhak untuk mengatakan bahwa cabang2 itu merupakan affiliasi dari Mandiri Cargo, karena Perusahaan itu juga menghandle Jasa serupa dari negara2 lain selain Malaysia .

  8. kalau boleh saya sarankan lebih cepat lebih baik karena sekarang perusahaan sejenis mulai berusaha menjadikan pelayanan pengiriman barang lebih baik dari apa yang selama ini sudah lakukan. belajar dari pengalaman dan kekurangan .

    • Terimakasih Bung Moh. Amin… atas saran kepada Mandiri cargo. Insya Allah akan kami pertimbangkan demi kenyamanan Pelayanan Customer

      Syarif Hidayat

    • MS Cargo tidak sama dengan JPI , tetapi JPI adalah Perusahaan sejenis dengan Mandiri Cargo SDN BHD.
      Terus terang JPI adalah “Sparring Partner” kami di Malaysia :) , Jika seluruh barang Masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia kami handle, Waw.. terus terang untuk saat ini kami belum mampu. Untung saja ada beberapa Perusahaan sejenis sehingga customer bisa memilih mana yang cocok dan nyaman untuk mengirim barangnya ke Indonesia . Yang terpenting buat MS Cargo adalah, masyarakat Indonesia dapat mengirim barang2 mereka ke Indonesia dengan harga terjangkau dan aman serta dapat dipertanggungjawabkan. Hasil Keringat mereka dapat meng imbas kepada keluarga nya di tanah Air …

      Syarif Hidayat
      0175818922

  9. Terima kasih tanggapannya kepada saya , kalau menbaca keterangan yang bapak berikan , jadi semua barang turun di Jakarta, ya pak . oh ya pak kalau ada teman saya yang mau juga mengajukan penawaran untuk pengiriman barang tki juga bisa ya pak

    • Dear Ms/Mr/Mrs AGI
      Iya semua barang untuk sekarang2 ini dan sampai waktu yang tidak ditentukan ( dgn melihat sikon di masing2 pelabuhan ) masih akan merapat di Tg Priok.

      “pak kalau ada teman saya yang mau juga mengajukan penawaran untuk pengiriman barang tki juga bisa ya pak”

      maksud nya mau kirim barang atau mau menawarkan jasa pengiriman ke Mandiri ?

  10. saya bersedia untuk menjadi cabang atau agen dari ms cargo untuk wilayah jawa timur dan madura karena dari awal berdiri th 1997 kami memang handle untuk wilayah tersebut ( spesialist ). cargo bisa dikirim langsung ke surabaya via udara atau laut, kami juga bisa untuk custom clearance nya.
    letak kantor kami 3 menit dari bandara juanda. untuk syaratnya apa saja yang diperlukan ? masalah harga bisa dibicarakan lebih lanjut.
    Hp. kami 081 55 66 48 444 / 087 852 237 299 / 031 701 72 444 dg adi.
    email : destalogistics@ymail.com
    terimakasih

  11. saya ingin mengirim brg dari jakarta ke malaysia-kuala lumpur.bisakah menggunakan jasa ms cargo? kalau bisa dimana dapat saya hubungi dijakarta.dan gimana perhitungannya.apakah per kg?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s